Tips Menjaga Baterai Handphone agar Tetap Awet

Tips Menjaga Baterai Handphone agar Tetap Awet

Mobilitas yang tinggi dalam penggunaan handphone atau smartphone akan mempengaruhi daya tahan baterai smartphone Anda sehingga akan mempengaruhi pula durasi pengoperasiannya. Selain untuk alat komunikasi, perangkat canggih ini juga digunakan untuk pengingat bahkan sarana hiburan sehingga terkadang banyak kalangan yang mencari berbagai cara untuk menjaga daya tahannya agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Berikut ini beberapa tips yang dapat menjadi referensi Anda. Sebelum itu, Anda harus menyimak penyebabnya.

Tips Menjaga Baterai Handphone agar Tetap Awet

Penyebab Daya Smartphone Cepat Habis

  1. Penyebab yang utama mengapa baterai habis dengan cepat adalah pemakaian HP yang overload dengan penggunaan aplikasi yang berat dan digunakan dalam waktu yang bersamaan.  Jika hal ini terus dilakukan, tidak hanya mempengaruhi daya tahannya tetapi dapat membuat smartphone Anda cepat rusak pula. Sehingga gunakan HP sesuai dengan kapasitasnya.
  2. Pengaturan cahaya yang terlalu terang akan membuatnya semakin boros. Selain itu intensitas cahaya yang berlebihan juga dapat merusak mata pengguna smartphone.
  3. Pemakaian charge yang tidak sesuai dengan bawaan HP akan mengurangi daya tahan smartphone karena tidak semua charge bisa cocok pada HP Anda.
  4. Bermain game online dengan kapasitas berat secara terus-menerus. Kegiatan ini selain dapat menimbulkan kecanduan, juga akan menguras daya baterai smartphone Anda karena HP akan cepat panas bahkan bisa menyebabkan kerusakan dini pada smartphone.

Baca juga: Rekomendasi Ponsel dengan Baterai Besar Tahan Lama Dibawah 3 Jutaan 2018

Tips Menghemat Daya Smartphone Agar Tidak Boros

Para pengguna handphone khususnya smartphone harus memperhatikan tips-tips berikut agar daya baterai Anda tetap hemat:

  1. Matikan fitur yang penggunaannya tidak terlalu urgent seperti GPs, Bluetooth, dan WiFi. Contoh ketiga fitur tersebut memiliki kegunaan hanya dalam waktu tertentu saja sehingga usahakan untuk mematikannya saat tidak dibutuhkan.
  2. Pengaturan cahaya smartphone sesuai kebutuhan dan jangan terlalu terang. Hal ini dikarenakan semakin terang cahaya HP, maka akan membuat baterai Anda cepat habis. Selain itu juga akan mempengaruhi kesehatan mata Anda karena sinar biru dalam cahaya smartphone sangat berbahaya untuk penglihatan.
  3. Minimalkan pengaturan fitur vibrasi atau getar. Fitur ini juga akan mempengaruhi daya tahan smartphone Anda sehingga matikan fitur ini jika memang tidak dalam kondisi yang mendesak.
  4. Pengaturan screen timeout dengan waktu yang tepat seperti 1 hingga 3 detik, sehingga smartphone bisa aktif dalam waktu cepat.
  5. Daya baterai tetap aman jika Anda mematikan fitur auto seperti auto update atau auto sync.
  6. Gunakan fitur power saving mode untuk menghemat penggunaan daya pada smartphone Anda.
  7. Hindari penggunaan live wallpaper.
  8. Usahakan untuk menghindari paparan suhu yang terlalu tinggi pada smartphone Anda.
  9. Saat membeli smartphone baru, ikutilah aturan yang disarankan dari penjual dan patuhi langkah-langkah sesuai dengan buku petunjuk yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *