Tips Memilih Handphone Second dengan Kualitas Baru

Tips Memilih Handphone Second dengan Kualitas Baru

Kebutuhan akan handphone memang tidak bisa dihindari. Bahkan banyak masyarakat kita yang tergoda membeli handphone second atau bekas karena harganya yang jauh terjangkau dibandingkan dengan handphone baru. Tidak jarang kualitas diantara keduanya hampir sama, tinggal bagaimana Anda teliti dalam memilih.

Tips Memilih Handphone Second dengan Kualitas Baru

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Membeli Handphone

Dalam membeli handphone bekas tentunya Anda tetap harus berhati-hati dikarenakan banyak pihak yang kurang bertanggungjawab. Tak jarang ditemukan oknum yang menjual handphone palsu bahkan ada pula yang menjual hasil curian. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli handphone second adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memeriksa harga pasaran handphone second yang ingin Anda beli. Anda bisa mencari informasi melalui berbagai situs yang terpercaya lalu membandingkan harga handphone yang baru dengan bekasnya.
  • Kedua, Anda bisa memeriksa kelengkapan dari handphone yang akan Anda beli dan keadaan fisiknya. Anda patut mewaspadai jika handphone tersebut tidak memiliki perlengkapan karena bisa jadi Anda masih akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membelinya.
  • Ketiga, Anda bisa mencari handphone bekas yang masih memiliki garansi agar jika terdapat kerusakan Anda bisa mendapatkan jaminan perbaikan.
  • Keempat, pilihlah transaksi yang aman. Usahakan Anda memilih sistem COD agar bisa secara langsung memeriksa handphone sebelum benar membelinya.

Baca juga Harga Second Iphone 5 di Bukalapak Memang Murah, Namun Ketahui Dulu Plus Minusnya Sebelum Membeli!

Langkah Cek Handphone Setelah Pembelian

Pemeriksaan handphone second yang Anda beli dilakukan bukan hanya ketika sebelum pembelian, namun juga sesudah pembelian. Hal ini untuk memeriksa kinerja dari handphone Anda. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama, cek IMEI. Pemeriksaan kode IMEI ini digunakan untuk mengetahui orisinalitas dari handphone second yang telah Anda beli. Anda bisa memeriksanya dengan mengetik pada papan nomor *#06#.
  2. Kedua, uji fitur. Periksalah fitur-fitur penting yang ada pada handphone seperti audio, kamera, earpiece dan lain sebagainya. Beberapa fitur bawaan juga bisa Anda periksa sekaligus untuk membuktikan kesesuaian keterangan penjual atau box handphone. Apabila tidak sesuai Anda bisa melakukan klaim ke penjual secara langsung.
  3. Ketiga, periksa sinyal dan baterai. Kedua hal ini merupakan bagian terpenting agar handphone bisa dioperasikan. Pastikan sinyalnya bisa digunakan provider yang ada di Indonesia. Sedangkan untuk baterai Anda bisa memeriksanya dengan mencatat lama penggunaan baterai.
  4. Keempat, lakukan format ulang. Format ulang ke pengaturan awal seperti saat handphone baru. Hal ini dilakukan agar aplikasi-aplikasi yang merupakan peninggalan pemilik yang lama bisa terhapus dan performa dari handphone yang Anda beli seperti baru sehingga bisa digunakan secara optimal.

Beberapa tips tersebut bisa Anda terapkan saat memutuskan ingin membeli handphone second. Ingat agar selalu waspada dan berhati-hati dalam memilih agar Anda mendapatkan handphone dengan kualitas bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *