Tips Android yang Wajib Diketahui Tanpa Instal Aplikasi Tambahan

Walaupun ada ponsel dengan sistem operasi iOS namun, sebagian besar masyarakat di Indonesia menggunakan smartphone dengan OS Android. Hal ini disebabkan karena ponsel dengan OS Android ini dianggap lebih mudah dan nyaman untuk dipergunakan dibandingkan dengan smartphone dengan OS yang lainnya seperti iOS. Dalam penggunaan ponsel pintar tersebut, terdapat tips android yang wajib untuk diketahui sehingga bisa membantu Anda lebih nyaman dan memaksimalkan fungsi ponsel tersebut.

Baca juga: Tips Android: 5 Cara Agar Smartphone Anda Tidak Panas dan Lambat

Pertama adalah menyembunyikan file ataupun aplikasi. Cara ini bisa Anda lakukan dengan syarat jika smartphone Anda menggunakan OS Android Lollipop. Caranya adalah dengan membuat gues mode ataupun jenis mode yang lainnya yang juga bisa membuat data Anda lebih aman. Kedua adalah mempercepat ponsel yang nge-lag. Saat smartphone terjadi lagging, tidak jarang membuat Anda menjadi sebal. Untuk mengatasinya, coba masuk ke developer options yang ada di pengaturan kemudian ubah angka animation scale.

Ketiga adalah baterai saver. Fitur yang ada di smartphone ini bisa membantu Anda untuk menjaga agar baterai yang ada di smartphone Anda menjadi lebih awet apalagi jika baterai ponsel Anda hanya tinggal beberapa persen dan Anda tidak membawa power bank ataupun charger. Anda bisa mengatur agar ponsel Anda masuk mode battery saver secara otomatis jika baterai tinggal beberapa persen. Keempat adalah meningkatkan akurasi lokasi dengan menggunakan bluetooth. Namun, tips android ini hanya bisa digunakan di android yang dilengkapi dengan OS Android Marshmallow sehingga posisi lebih akurat. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan lalu location dan tekan pilihan 3 titik. Kemudian tekan scanning/pemindai dan aktifkan scanning bluetooth kemudian bisa memilih high accuracy ataupun battery saving.

Kelima adalah masuk ke safe mode atau mode aman misalnya karena Anda menemukan beragam jenis masalah yang terjadi di ponsel pintar Anda. Dengan masuk ke safe mode maka Anda bisa mengetahui masalah yang terjadi misalnya karena aplikasi yang diinstal. Caranya adalah:

  • Matikan ponsel Anda terlebih dahulu.
  • Tekan dan tahan tombol power bersamaan dengan tombol pengurangan volume atau volume (-).
  • Ketika ponsel Anda sudah mulai menyala, maka Anda langsung bisa melepaskan tombol tersebut agar bisa masuk ke safe mode.
  • Setelah itu safe mode akan aktif.

Tips android keenam adalah untuk mengatasi aplikasi yang eror. Caranya yaitu:

  • Menghapus cache aplikasi. Cache tersebut merupakan tempat penyimpanan sementara yang mempertahankan beberapa macam data dengan tujuan untuk mempercepat proses aplikasi serta membantu mengurangi jumlah data yang digunakan.
  • Menghapus data aplikasi yang akan menghapus seluruh data yang ada sehingga nantinya Anda seperti baru menginstal aplikasi tersebut.
  • Kedua cara tersebut bisa dilakukan dengan cara masuk ke pengaturan dan pilih aplikasi dan Anda tinggal pilih apa akan menghapus cache ataupun data aplikasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *