Tips Android Untuk Para Pemula

Tips android  —- Smartphone android memang sudah sangat berkembang dari segi spesifikasi, desain maupun fitur-fitur tambahan lainnya. Tapi banyak di antara kita yang masih bingung dengan beberapa fitur  — fitur tambahan di dalam sebuah smartphone, dari segi kegunaannya maupun fungsinya buat keamanan smartphone android kita, apalagi bagi Anda yang baru mempunyai ponsel android.

Di bawah ini kami akan bagikan tips android untuk para pemula, agar smartphone Anda tambah menarik dan tentu dari segi keamanan pun, smartphone Anda akan terjaga, karena beberapa fitur-fitur tambahan.

Baca juga: 5 Tips dalam Memilih Harga Tablet Android Terbaik

  • Tambahkan browser baru

Anda mungkin berpikir stok browser yang ada di Android Anda sudah mencukupi, tapi sebaiknya pergilah ke Android Market lalu download browser baru. Beberapa browser cukup populer seperti Dolphin HD, Firefox, dan Skyfire.

  • Gunakan widget

Widget yang unik untuk Android, memberikan sekilas-akses ke aplikasi favorit Anda. Sebagai contoh, widget social media memberi Anda sekilas tampilan update status, dan widget jam menampilkan jam analog ke home screen Anda.

Untuk menambahkan widget baru, tekan dan tahan layar awal, kemudian tekan “Widget.” Pilih widget yang ingin Anda tambahkan. Anda dapat memilih ukuran dan gaya widget sesuai keinginan.

Banyak aplikasi ponsel yang telah memuat widget built-in didalamnya, tetapi Anda juga dapat men-download widget lainnya dari Android Market. Salah satu widget yang layak dicoba adalah 3G Watchdog, yang memberi Anda ringkasan penggunaan data pada home screen Anda.

  • Tambahkan aplikasi antivirus

Jika Anda berpikir bahwa virus diperuntukkan untuk komputer, maka Anda keliru. Ponsel Android dan tablet dapat pula terinfeksi virus melalui aplikasi berbahaya yang ada di Android Market.

Untuk melindungi diri dari malware, coba download dan install sebuah aplikasi antivirus yang disebut Lookout. Ini gratis, scan semua aplikasi yang Anda download dan back up data kontak Anda.

  • Selalu aktifkan fitur enkripsi data di Android kamu

Google menyarankan supaya kamu mengaktifkan fitur enkripsi data di Android kamu. Hal ini harus dilakukan agar data yang ada di Android kamu tidak mudah dibaca kembali saat hilang saat tidak dienkripsi. Bayangkan kalo data yang ada di Android kamu diambil orang yang tidak kamu kenal bisa jadi data-data kamu bisa digunakan untuk tindak kejahatan seperti penipuan atau membajak akun media sosial kamu wew serem kan. Untuk fitur enkripsi data ini secara default sudah diaktifkan untuk kamu pengguna Android yang sudah menggunakan OS Android versi terbaru yaitu Android Marshamallow (M). Untuk kamu yang belum menggunakan Android M jangan khawatir kamu bisa mengenkripsi data kamu secara manual lewat cara masuk di Pengaturan-Keamanan-Enkripsi Data.

  • Atur fitur akses aplikasi di Android kamu

Untuk tips android yang terakhir dari Google ini sayangnya hanya dapat digunakan oleh pengguna Android M saja. Fitur perijinan aplikasi ini dapat mengatur data apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi yang terinstall di Android kamu, contoh aplikasi senter tidak bisa mengakses sms kamu (Insomdroid pernah menemukan aplikasi ini loh di Google Playstore dan saat ini sudah dihapus oleh Google). Pengguna Android M dapat mengatur akses ini di Pengaturan-Aplikasi-perijinan aplikas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *