Spek OPPO A83 dan Harganya

Spek OPPO A83 dan Harganya

Oppo merupakan tipe smartphone yang bisa menunjang kebutuhan bagi sebagian orang dimulai dari berkomunikasi, surfing di internet, bahkan keperluan bisnis, dan juga kebutuhan lainnya.

Oppo hadir dengan berseberangan pada konsep smartphone yang terbilang premium dengan spesifikasi yang tidak asal-asalan. Namun, Oppo ini tidak hanya mengodok pada premium saja ketika masuk di Indonesia. Oppo sudah mempersiapkan beragam tipe smartphone lain sebagai bentuk dukungan pada masyarakat dalam hal kebutuhan masing-masing

Berbeda dengan series F, untuk series A biasa tidak ada iklan secara besar-besaran sehingga tiba-tiba saja untuk series A sudah muncul di pasaran. Beberapa tahun yang lalu dalam series A sebagai pembanding dengan smartphone lain.

Untuk body A83 terbuat dari karbonat bertekstur dof tanpa finishing metal seperti Oppo series lainnya.

Spesifikasi Oppo A83

Layar

A83 adalah seri pertama Oppo dalam menggunakan layar 18:9 untuk series ini menggunakan resolusi HD+ dengan berukuran 5.7”

Oppo A83 menyematkan layar IPS biasa, tetapi nilai satuarsinya terasa lebih baik daripada yang lainnya dengan low temperature.

Performa

Dalam pengetesan melalui aplikasi Antutu Benchmark nilai A83 lebih tinggi 14000 dibanding dengan smartphone lainnya. Ini hanyalah skor dari Antutu, untuk mengetahui performa aslinya bisa dilakukan dengan cara memainkan sebuah game dengan grafik yang tinggi.

Dengan demikian, untuk performa membuat seseorang merasa puas.

Battery

A83 secara teori battery tidak terlalu boros karena layar pada smartphone ini hanya menyematkan resolusi HD+. Untuk charger dengan daya 5V 2A dari battery 10% hingga 100% hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam, ini sudah standar tidak terlalu lama dan cepat juga.

Face Unlock Sensor

A83 tidak ada fingerprint unlock, user dipaksa untuk menggunakan face unlock. Titik lemah pada face unlock ini apabila dalam keadaan gelap tidak bisa berfungsi atau ketika mata kita terpejam. Jika user menggunakan face unlock contohnya sambil minum masih tetap berfungsi.

Kamera

Dalam hal ini, Oppo masih konsisten dalam nilai jual yang mengacu pada segi kamera. Meski resolusi kamera selfie A83 turun menjadi 8MP, Oppo masih tetap memasang IA Beauty pada series ini.

Resolusi dan Aperture Camera A83 masih sama dengan F5 Youth yakni 13MP. Kecepatan dalam autofokus, ketajaman foto standar dengan harga 2 juta lainnya. Tetapi kualitas pada low light diatas rata-rata 2 jutaan.

Menu dalam video pada A83 sangat sederhana, hanya ada pengaturan Beauty Fi dari skala 1-6 dan mematikan fitur flash pada kamera belakang, tidak ada mode lainnya.

Kualitas video A83 baik kamera depan atau belakang sama-sama mampu merekam dalam full HD, kecepatan autofokus standar dan tidak adanya stabilizer sehingga jika ada guncangan sedikitpun akan berdampak pada video.

Ada dua hal pada Oppo A83 ini diantaranya tidak ada NFC dan mentok dalam System Android Update.

Harga Oppo A83 setelah melihat uraian spesifikasi di atas tetap berada pada level menengah, pada pasaran Pakistan saja dengan dibanderol dengan harga $258 AS atau jika dikonversikan ke rupiah menjadi Rp.3.500.000,- sedangkan untuk versi lainnya ada yang menjual dengan kisaran harga Rp. 2.900.000,-

Kalangan lapisan masyarakat sudah menggunakan produk Oppo sebagai alternatif dari smartphone lain, yaitu dengan spesifikasi serupa yang harganya tentu bisa lebih tinggi di atas harga smartphone ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *