Perkembangan Handphone Mulai Dari Penemunya Hingga Perubahan Setiap Generasi

Telepon genggam atau handphone sekarang menjadi benda elektronik yang tidak asing lagi di masyarakat. Perkembangan handphone dari masa ke masa mengalami perubahan yang semakin siginifikan. Apalagi sekarang zamannya smartphone yang membuat telepon genggam bukan lagi sarana untuk berkomunikasi saja, namun menjadi sarana untuk mendapatkan informasi, hiburan dan pendidikan.

Penemu Handphone

Penemu telepon genggam adalah Martin Cooper seorang karyawan Motorola pada tanggal 3 April 1973. Walaupun disebutkan bahwa penemu telepon genggam adalah tim dari divisi tempat Cooper bekerja dengan model Dyna TAC namun ide Cooper adalah alat komunikasi yang bentuknya kecil dan fleksibel untuk dibawa kemanapun.

Cooper dan timnya menghadapi tantangan bagaimana caranya memasukkan material elektronik ke dalam perangkat yang ukurannya kecil. Namun akhirnya ia dan tim berhasil membuat telepon genggam pertama kali dengan berat sekitar 2 kilofram. Untuk memproduksi telepon genggam tersebut, Motorola mengeluarkan dana sebsar US$1 juta. Pada tahun 1983, telepon genggam harganya mencapai US$4 ribu atau sekitar 36 juta setara dengan US$10 ribu atau 90 juta rupiah.

Setelah berhasil membuat telepon genggam, tantangan berikutnya adalah mengadaptasi instrukstur untuk sistem komunikasi tersebut dengan menciptakan jaringan yang hanya membutuhkan sebesar 3MHz spectrum atau sama dengan 5 channel Televisi yang tersalurkan ke seluruh dunia.

Tokon lainnya yang berjasa dalam perkembangan dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr. Pria kelahiran Philadelphia 12 Maret 1981 ini diakui oleh dunia sebagai pakar atau ahli di bidang switching. Ia mendapatkan ijazah bachelor pada tahun 1940 dan master pada tahun 1942 dalam bidang teknik elektronik MIT.

Setelah menyelesaikan studi ia kemudian bekerja di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerikma 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya pada bidang switching. Kemudia ia membut sistem penyambung ponsel dari satu wilayah sel ke sel yang lain. Akibat penemuannya ini, pembicaraan melalui handphone tidak terputus sehingga lebih nyaman.

Perkembangan Handphone Pergenerasi

Sejarah handphone mengalami perkembangan setiap tahunnya. Perkembangannya tidak lepas dari perkembangan radio, yaitu saat awal mula ditemukannya telepon selular pada tahun 1921. Perkembangan dari masa ke masa handphone hingga era smarphone seperti sekarang ini dapat dibedakan menjadi beberapa generasi.

Generasi pertama adalah saat dimana Martin Cooper menciptakan handphone portable. Penemuian inilah yang kemudian mengubah dunia telekomunikasi di dunia selamanya. Kemudian generasi kedua terjadi pada tahun 1990-an dengan adanya teknologi CDMA di Amerika, sedangkan di Eropa menggunakan teknologi GSM.

Pada generasi ketiga disebut 3G yang memungkinkan operator jaringan memberikan jangkauan lebih luas. Perkembangan handphone pada generasi keempat salah satunya adalah menawarkan penekaan baru dan menjadi solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel. Selain itu muncul jaringan 4G yang memungkinkan pengguna menjangkau jaringan lebih luas dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *