harbolnas promo

Penasaran? Berikut Fakta Unik Tentang Prilaku Konsumen Saat Diskon 12 12

Semenjak digelar pada akhir tahun 2012, harbolnas atau hari belanja online nasional telah merubah prilaku konsumen mengenai belanja online. Banyak diantara mereka yang antusias menanti diskon 12 12 yang akan digelar secara besar-besaran ini. Anda penasaran bagaimana harbolnas ini mengubah prilaku pelanggan belanja online?

Yuk simak berbagai fakta unik tentang prilaku konsumen yang berhasil kami rangkum berikut ini :

  1. Awal diadakan harbolnas tahun 2012, hanya diikuti oleh 6 e-commercy besar di Indonesia. Tidak banyak masyarakat yang tahu mengenai harbolnas ini. Sehingga event menggiurkan ini banyak yang melewatkan begitu saja. Namun setelah sekian tahun diadakan, pada tahun 2016 ternyata 89% masyarakat sudah mengetahui satu minggu sebelum acara ini digelar secara besar-besaran.
  2. Sekalipun banyak didengunkan, ternyata masyarakat tahu mengenai diskon 12 12 ini dari e-commerce langganan mereka.
  3. Penjualan pada saat harbolnas sangat meningkat pesat jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Katagori yang paling banyak dicari adalah gadget, fashion, serta berbagai produk travel seperti tiket kereta, pesawat, dan yang lainnya.
  4. Tahukah anda? Bahwa fakta yang paling menarik dari harbolnas ini adalah 90% masyarakat tertarik mengikuti event ini dikarenakan oleh diskon yang diberikan e-commerce. Namun 41% lebih cenderung memilih harbolnas karena gratis ongkos kirim. Nah, kalau sudah begini, anda termasuk golongan yang mana? Golongan yang tertarik pada diskon atau lebih pada gratis ongkos kirim?
  5. Fakta menarik lainnya adalah, dengan hadirnya harbolnas menunjukkan adanya peningkatan sosial ekonomi pada kelas masyarakat golongan C dan D. Karena mereka bisa memanfaatkan berbagai harbolnas promo untuk mendapatkan barang yang selama ini hanya impian saja.
  6. Saat harbolnas berlangsung, jelas terjadi peningkatan yang pesat pengguna smartphone dan internet di Indonesia. Bagaimana tidak? Pembeli online akan berlomba mendapatkan diskon belanja online dengan menggunakan jaringan internet sebanyak dan sebaik mungkin. Mereka tidak akan rela begitu saja kehilangan barang impian hanya gara-gara jaringan internet yang tidak stabil dan cenderung hilang timbul.
  7. Sebanyak 29% masyarakat menggunakan tabungan atau kartu ATM sebagai cara pembayaran belanja. Hanya 1% saja yang menggunakan kartu kredit untuk metode pembayaran. Maka tak heran jika banyak tambahan diskon bagi pengguna kartu kredit untuk menarik pengguna kartu kredit agar menggunakan kartunya sebagai cara pembayaran.
  8. Sekalipun antusias menyambut, ternyata banyak masyarakat yang masih khawatir belanja online pada saat harbolnas. Kekhawatiran ini meliputi diskon yang ternyata palsu, kualitas produk yang tidak sesuai harapan, proses pembayaran yang rumit, serta proses pengiriman yang lambat. Apakah anda adalah salah satu dari mereka?

Karena begitu antusiasnya masyarakat terhadap event hatbolnas ini, maka mulai tahun 2016 pemerintah mulai hadir untuk memberi dukungan pada pengusaha e-commerce melalui harbolnas diskon 12 12 ini. Maka dari itu, agar tidak terjebak pada sikap terlalu konsumstif dan menghindari diskon palsu, sebagai pembeli, anda dituntut untuk cerdas dan bersikap bijaksana dalam berbelanja.

Berbelanjalah sesuai kebutuhan dan budget yang telah anda persiapkan. Jangan terlalu tergoda hingga kebablasan dalam membelanjakan uang terlebih lagi jika yang anda gunakan adalah uang tabungan. Cermati betul-betul syarat dan ketentuan yang berlaku pada diskon dan promo sehingga tidak terjebak pada diskon palsu. Pastikan promo tersebut memang untuk barang yang anda incar. Selamat menikmati harbolnas diskon 12 12 di tahun 2019 nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *