Nostalgia dengan Fitur Handphone Jadul di Tahun 90-an

Nostalgia dengan Fitur Handphone Jadul di Tahun 90-an

Bagi Anda yang mengalami dimana handphone masih dalam bentuk kotak susu atau bahasanya bisa dibilang jadul, pasti akan memiliki kenangan manis tersendiri dengan handphone jadul tersebut. Banyak sekali fitur-fitur unik yang saat ini sudah tidak lagi ditemui pada smartphone modern, padahal fitur tersebut pada jamannya menyandang predikat keren. Pada era feature phone (sebutan untuk jenis ponsel Nokia 3310) banyak sekali fitur yang menjadi primadona, namun seiring perkembangan waktu fitur itu tak disematkan lagi pada handphone saat ini.

Nostalgia dengan Fitur Handphone Jadul di Tahun 90-an

Infra Merah

Siapa sangka fitur ini merupakan dasar awal dari lahirnya bluetooth atau USB. Sama seperti kedua fitur tersebut, infra merah ini juga dipakai untuk bisa saling berkirim file. Namun, seiring kinerjanya yang lambat sehingga fitur infra merah ini pun dicoret pada list smartphone canggih saat ini dan diganti dengan bluetooth serta USB.

Membuat Ringtone Hp

Anak mudah tahun 90-an pasti banyak yang mengenal fitur unik yang satu ini, dimana dari handphone jadul tersebut Anda bisa membuat ringtone dengan menggunakan angka. Biasanya yang lagu yang sedang tren saat itu akan dibuat ringtone dengan menggunakan ponsel tersebut. Tidak seperti sekarang orang sudah sangat mudah mendengarkan lagu di MP4 serta musik streaming, namun zaman dulu jika ingin mendengarkan lagu harus membuat notasinya dulu. Mungkin sepertinya agak menyulitkan, tetapi jika dilakukan akan sangat menyenangkan.

Tombol Keyboard

Fitur tombol keyboard pada handphone jadul biasanya berbentuk keyboard fisik. Namun, saat ini karena smartphone sudah mengembangkan ponsel dengan keypad touchscreen sehingga keypad fisik pun sudah ditinggalkan saat ini. Bahkan kebanyakan merek ponsel yang menggunakan keypad fisik sudah tidak laku saat ini. padahal keyboard fisik dapat mengurangi terjadinya typo saat menulis pesan di handphone dan memudahkan kita agar tidak terus menerus melihat ponsel untuk memastikan apakah pesan yang ditulis tidak salah ketik.

Layar Monokrom

Ponsel saat ini telah banyak memakai layar LCD atau OLED yang membuat tampilan antarmuka menjadi lebih berwarna dan menarik. Tetapi sebelum itu, pada handphone jadul yang ditemui zaman dulu layar grafisnya menggunakan warna-warna monokrom. Selain membuat mata tidak cepat rusak, layar monokrom ini bisa menghindari Anda dari penyakit mata yang sekarang banyak menyerang anak-anak akibat terlalu lama menatap layar berwarna.

Baca juga: Luar Biasa! Berikut 4 Handphone Terlaris dengan Penjualan Terbanyak Sepanjang Masa

Fitur Radio

Fitur ini sangat banyak diminati dikalangan anak muda zaman dulu. Di saat tidak ada Youtube atau aplikasi streaming musik, untuk menemani kesendirian biasanya mereka akan menyalakan radio FM. Meskipun masih ada merek handphone yang meletakkan fitur radio FM, tetapi sudah kalah pamor dengan aplikasi lainnya. Bahkan ada pula merek seperti Samsung dan Apple yang sudah menghapus Radio FM pada fiur poselnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *