Menilik Kilas Balik Perkembangan Handphone dari Tahun ke Tahun

Handphone merupakan salah satu dari banyaknya alat komunikasi yang pada dasarnya memiliki kemampuan yang sama. Perkembangan teknologi memang mempunyai dampak besar terhadap masyarakat terutama pada perkembangan handphone sebagai alat komunikasi. Banyak sekali ponsel pintar yang muncul belakangan ini menggeser model dan jenis handphone pertama. Walaupun dasarnya sama tentu ada perbedaan yang ditawarkan misalnya dari berbagai jenis fitur yang lebih canggih. Sederhananya begini dahulu hanya bisa digunakan sebagai media mengirim pesan atau telephone tetapi sekarang bisa digunakan untuk mengambil gambar, peta elektronik atau lainnya.

Dahulu pengguna telephone hanyalah orang-orang tertentu yang secara materi mempunyai kemampuan yang lebih karena mengingat harga alat tersebut sangat begitu mahal. Namun sekarang ini dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja handphone canggih bisa dimiliki. Tidak mengenal anak-anak, dewasa sampai dengan tua semuanya dapat memanfaatkan untuk memperlancar kegiatan keseharian. Berikut ini kilas balik perkembangan alat komunikasi dari generasi ke generasi, antara lain:

Baca juga: Serba-serbi Perkembangan Handphone di Era Globalisasi Sekarang Ini

  • Generasi pertama.

Awal ditemukannya tidak terlepas dari adanya perkembangan sebuah radio, awalnya ditemukan oleh salah satu departemen kepolisian. Singkat cerita akhirnya radio digunakan sebagai alat komunikasi dua arah. Mulai saat itulah awal dikenalkan kepada masyarakat adanya sebuah telephone selular. Kelemahan pertama pada waktu itu adalah masalah jaringan yang akhirnya ada usah-usaha untuk mengganti sistem baru.

  • Generasi kedua.

Di generasi ini sudah muncul secara nyata bentuk dari sebuah telepon genggam dengan sebutan 1G. Perkembangan handphone pada saat inilah yang akhirnya merubah dunia, tetapi karena sistem yang digunakan analog jadi sistem ini masih bersifat regional. Namun dalam generasi ini kelemahannya yaitu karena ukurannya yang masih terlalu besar jadi belum fleksibel. Selain itu juga performa baterai dan juga tenaga yang diperlukan masih kurang baik.

  • Generasi ketiga.

Selanjutnya muncul generasi berikutnya pada tahun 1990an di Amerika yang telah mengusung teknologi CDMA dan juga di Eropa telah menggunakan teknologi GSM. Penggunaan sinyal analog juga sudah digantikan dengan sistem digital, makanya dapat menambah fitur sebagai pengirim suara, pengirim pesan atau SMS, panggilan tunggu dan lainnya. Untuk ukuran memang lebih kecil dari sebelumnya dan tentu juga lebih ringan karena hanya membutuhkan daya baterai dan juga tenaga yang sedikit.

  • Generasi empat.

Dalam generasi ini bisa dibilang telah menggunakan teknologi tinggi karena jangkauan yang lebih luas dan juga penggunaan internet sebagai video call. Karena pada generasi ini pula telah dipasang operasi sistem pada pembuatannya jadi memang lebih memiliki fitur yang lengkap.

  • Generasi lima.

Sudah dapat dibilang perkembangan handphone pada generasi kelima terjadi sekarang ini. Muncul dengan sistem yang lebih canggih dan juga lebih multifungsi. Bukan hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai alat bisnis atau lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *