Menilik Alasan di Balik Murahnya Smartphone China

Smartphone saat ini banyak dipilih oleh masyarakat karena berbagai macam alasan misalnya karena ponsel pintar tersebut bisa digunakan untuk memotret dengan hasil yang bagus. Beragam vendor dari belahan dunia bersaing untuk memproduksi dan mendapatkan konsumen agar produk yang dihasilkan banyak dibeli dan menguntungkan. Salah satu asal vendor atau produsen ponsel adalah Cina. Jika dibandingkan dengan smartphone dari negara lain misalnya dari Korea Selatan ataupun Amerika Serikat, smartphone China memiliki harga yang lebih murah namun memiliki spesifikasi yang lengkap.

Ternyata dibalik murahnya ponsel pintar buatan Cina, ada beberapa alasan yang menjadi penyebab harga murah ponsel tersebut. Pertama adalah teknologi tinggi namun tidak revolusioner. Produsen Cina cenderung memilih untuk menyeimbangkan harga dengan kinerja sehingga kinerja dari ponsel tersebut akan sebanding dengan harganya. Misalnya memilih untuk menggunakan DDR3 high-end buatan China dibandingkan memilih DDR4 sebagai RAM karena harganya yang lebih murah.

Kedua adalah tenaga kerja yang murah. Salah satu yang menyebabkan harga suatu produk mahal adalah harga dari tenaga kerja tersebut yang mahal. Di China sendiri, tenaga kerjanya dibayar dengan harga yang rendah dan bahkan biaya tenaga kerja di China masuk ke salah satu jajaran upah murah di dunia. Karena hal tersebut, harga jual dari smartphone China lebih murah dibandingkan dengan smartphone dari vendor lain diluar China.

Ketiga adalah fokus di penjualan online. Para vendor di China lebih fokus untuk melakukan penjualan secara online dengan sistem e-commerce sehingga harga atau biaya yang harus dikeluarkan juga akan menjadi semakin murah. Hal tersebut disebabkan karena dengan membeli secara online, toko tidak perlu membebankan biaya tambahan seperti biaya sewa atau biaya untuk beli bangunan sebagai toko.

Alasan lainnya yang menyebabkan smartphone China harganya bisa murah dibandingkan dengan smartphone yang dikeluarkan oleh vendor yang lain yaitu:

  • Pemasaran yang murah karena ponsel pintar tersebut jarang mengeluarkan iklan. Semakin sedikit iklan yang dibuat maka biaya yang akan dikeluarkan juga semakin sedikit. Berbeda dengan vendor selain China yang mengeluarkan iklan misalnya untuk PO produk smartphone terbaru yang mengharuskan perusahaan untuk mengeluarkan biaya yang lebih mahal lagi. Vendor asal China lebih mengandalkan jaringan sosial sebagai media pemasarannya yang lebih murah namun juga efektif.
  • Produksi dengan jumlah yang terbatas. Umumnya, semakin sedikit produk yang diproduksi maka harganya akan semakin mahal. Namun, para vendor dari China ini justru memanfaatkan permintaan pasar yang cenderung akan membeli barang lebih cepat karena takut jika produk tersebut habis sebab jumlahnya terbatas. Sebab itulah para vendor asal China memproduksi smartphone dalam jumlah yang terbatas.

Jadi, karena alasan tersebutlah ponsel asal Cina bisa lebih murah. Namun, jangan asal memilih dan pastikan Anda memilih smartphone asal Cina yang tepat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *