Mengulas Tentang Keunggulan dan Kelemahan Kabel Type C untuk IPhone 6

Mengulas Tentang Keunggulan dan Kelemahan Kabel Type C untuk IPhone 6

Salah satu vendor asal Amerika Serikat yaitu Apple merilis iPhone 6 untuk para pecinta iPhone. Terdapat banyak hal yang membedakan antara ponsel ini dengan yang lain dan salah satunya adalah kabel data yang dipergunakan. Jenis kabel data yang bisa dibeli secara online di toko online terpercaya ini bisa dipergunakan tidak hanya dapat dipergunakan untuk charging namun juga untuk mentransfer data dari ponsel ke laptop atau ke komputer. Namun, berbeda dari kabel data yang dipergunakan untuk jenis ponsel Android, iPhone ini menggunakan jenis kabel data tipe C.

Universal Serial BUS atau yang lebih dikenal dengan nama USB merupakan jenis kabel standar yang memungkinkan power dan juga data agar bisa ditransfer dari perangkat elektronik yang satu ke yang lainnya. Jenis kabel ini pertama kali dipergunakan pada tahun 1998 dan semakin lama semakin berkembang mulai dari adanya jenis USB Tipe-A dan USB tipe-B, kini sudah ada USB tipe C yang punya 24 pin. Banyaknya pin yang ada di kabel data tersebut memungkinkan jenis kabel ini punya lebih banyak kekuatan dan kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan dengan kabel data tipe yang lainnya.

Mengulas Tentang Keunggulan dan Kelemahan Kabel Type C untuk IPhone 6

Kabel data tipe C biasanya digunakan untuk laptop, tablet ataupun smartphone terbaru seperti iPhone 6. Jenis kabel USB 3.1 ini mendukung daya 20V/ 5A power dan punya tingkat transmisi hingga 10Gbit/s sedangkan jika kabel sebelumnya yaitu micro USB 2.0 hanya mendukung 5V / 2A dengan kecepatan transfer data yang mencapai 480 Mbits/s.

Sama seperti jenis kabel data tang lain, kabel data tipe-C ini memiliki keunggulan dan kekurangan keunggulan pertama adalah kecepatan dalam transfer data dan kekuatan untuk pengisian data. Dengan menggunakan kabel data tipe-C yang kini banyak dipergunakan untuk jenis smartphone terbaru misalnya dari iPhone ini memungkinkan Anda untuk bisa mengisi daya ataupun transfer data dari ponsel ke komputer atau dari komputer ke device dengan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan kabel micro USB.

Keunggulan yang lainnya dari kabel data tipe-C adalah:

• Bisa dibolak-balik. Berbeda dengan jenis kabel data micro USB yang memiliki ukuran yang lebih kecil di bagian atasnya sehingga sebelum digunakan, pemasangannya harus tepat. Sedangkan jika kabel data tipe-c punya pin yang identik di kedua ujungnya sehingga Anda tidak perlu melihat bagian atas atau bawah yang harus dipasang di bagian port USB di ponsel.
• Anda tidak perlu untuk menggunakan alat tambahan agar bisa mengirimkan data visual ataupun audio yang berkualitas tinggi.

Akan tetapi, kabel data tipe-C yang dipergunakan untuk laptop dan smartphone model terbaru seperti iPhone 6 juga memiliki kelemahan yang harus Anda ketahui sebelumnya. Beberapa kelemahan tersebut adalah:

• Belum banyak yang menggunakannya. Device yang mempergunakan kabel data jenis ini biasanya adalah laptop dan smartphone seri terbaru sehingga jika Anda salah membeli kabel data, yang seharusnya membeli micro USB namun terlanjur membeli yang tipe-C, maka kabel data tersebut akan percuma dan tidak digunakan. Atau jika kabel data Anda ketinggalan, akan susah mencari seseorang yang mempunyai jenis kabel data tipe-C tersebut.
• Memiliki harga yang mahal. Jika dibandingkan dengan jenis harga kabel data micro-USB, harganya bisa mencapai 3-4x lebih mahal sehingga Anda harus menyiapkan budget lebih untuk membeli jenis kabel data ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *