Memilih Charger Hp Yang Bagus Dan Cepat Pengisiannya

Memilih Charger Hp Yang Bagus Dan Cepat Pengisiannya

Kita pasti sering mendapati keadaan dimana charger hp yang kita beli sering sekali rusak pada pemakaian dalam kurun waktu yang singkat. Bahkan dengan banyaknya merk yang beredar akan membuat kita bingung untuk memilih ketika membelinya. Karena pada kenyataanya memang tidak mudah untuk mencari charger yang cocok dan berkualitas apalagi jika kita tidak teliti terlebih dahulu sebelum membelinya.

Memilih Charger Hp Yang Bagus Dan Cepat Pengisiannya

Meski terlihat sepele, namun masalah charger hp ini ternyata menjadi permasalahan yang cukup menjengkelkan karena jika kita salah membeli maka charger tersebut justru akan merusak komponen pada handphone anda jika tetap digunakan. maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membantu anda dengan beberapa tips jitu untuk memilih charger yang berkualitas bagus sebagai berikut :

Anda harusmengetahui standar charger hp  yang beredar di Negara kita, misalnya fitur charger tersebut jika digunakan dapat menurunkan atau merubah arus listrtik dari PLN dengan standar voltase  220V yang biasanya tertulis pada permukaan charger yang berarti charger tersebut memiliki kemampuan input dan output tidak bisa lebih dari itu.

Adapun cara membaca keterangan yang tertera pada charger sebagai berikut : Jika terdapat input 100 -240 V~ 50/60 Hz maka ini artinya charger hp tersebut dapat bekerja pada arus listrik antara 100 sampai 240 V, tidak boleh melebihi itu jika anda tidak ingin charger anda rusak. Sedangkan frekuensi yang ditunjukkan adalah 50 sampai dengan 60 Hz berarti charger tersebut sudah memenuhi kriteria standar frekuensi PLN yang bekerja pada frekuensi 50 Hz.

Output 5 V sampai 2000Ma/maH, dari keterangan tersebut kita dapat melihat bahwa voltase input sudah diubah dari 220V menjadi 5V dengan arus yang dikurangi menjadi 2000Ma. Dengan keterangan tersebut diatas bagaimana cara kita mengetahui apakah handphone kita cocok atau tidak dengan charger tersebut ?

Kita bisa melihatnya dengan cara mengecek keterangan yang biasanya terdapat pada baterai handphone. Sebagai contohnya jika kapasitas  baterai kita adalah 3,7V sampai 2600mAh, maka agar dapat melakukan pengisian yang cepat anda bisa menggunakan charger hp  dengan kapasitas  5V sampai 2000mAh. Hal ini dikarenakan ampere atau mA dapat menentukan kecepatan isi ulangnya, namun handphone anda bisa mengalami overheat jika menggunakan ampere yang terlalu tinggi dan dapat memperpendek umur baterai anda.

Baca juga: Fungsi Power Bank Yang Belum Banyak Diketahui Oleh Banyak Orang

Adapun cara memilih charger yang memiliki real ampere yaitu dengan menggunakan aplikasi ampere yang bisa anda unduh dari handphone android anda di playstore. Anda bisa melakukan tes pengisian daya dengan aplikasi tersebut. Lebih amannya belilah charger dengan merk yang sesuai dengan handphone anda yang memiliki garansi yang jelas dan sesuai dengan spesifikasi yang dapat mengimbangi handphone anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *