Kenapa Xiaomi Redmi 4x adalah HP Xiaomi Paling Bagus?

Mau beli HP paling bagus yang tahan dipakai lebih dari setahun tapi dengan harga murah? Wah, kayaknya sih itu adalah permintaan yang nggak mungkin. Soalnya, hp bagus yang memiliki spek mumpuni untuk dipakai bertahun-tahun biasanya memiliki harga yang lumayan mahal. Tapi, pandangan itu mungkin berubah begitu kamu tahu perihal sadisnya xiaomi redmi 4x, hp yang selama ini dipandang sebelah mata padahal lebih dari mampu untuk disebut powerful!

 

Dalam kurun waktu satu dekade terakhir, Xiaomi relatif berhasil dalam membangun mereknya sebagai penyedia HP berkualitas namun dengan harga yang murah. Orang-orang yang paham kualitas sebuah ponsel tidak akan butuh waktu lama untuk menyatakan bahwa harga yang Xiaomi tawarkan termasuk murah untuk spesifikasi mumpuni yang bakal kamu dapatkan. Tak diragukan lagi, julukan “Apple from the East” pun disematkan kepada vendor dengan warna dominan jingga ini.

 

Sebagaimana diketahui, Xiaomi mengeluarkan lini ponsel Redmi untuk menggarap segmentasi pasar low end. Kasarnya, orang-orang yang kantongnya agak tipis bisa mendapatkan HP berkualitas tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

 

Nah, Redmi 4X adalah salah satu varian yang wajib kamu waspadai.

Setelah sukses dengan berbagai varian di lini Redmi, Xiaomi kelihatan mengubah strateginya menyerupai strategi marketing Samsung; sering mengeluarkan varian ponsel tapi dengan spesifikasi yang relatif mirip. Kalau jeli, kamu mungkin akan menemukan spesifikasi Redmi yang nyaris mirip dengan Redmi Note. Alhasil, konsumen pun dibuat bingung.

 

Well, sebenarnya tak usah terlalu bingung juga sih, dengan strategi Xiaomi ala Samsung ini. Karena spesifikasi antara satu ponsel dengan ponsel lainnya relatif mirip, lihat saja apa yang paling mencolok dari sebuah ponsel. Xiaomi Redmi 4x, misalnya, adalah HP yang sangat mencolok dalam hal ketahanan baterai.

 

Kalau kamu nggak percaya dengan kata dan kalimat di atas, coba saja bandingkan antara Redmi 4x dan Redmi 4a melalui perbandingan di bawah ini.

 

Perbedaan Xiaomi Redmi 4a dan 4x

 

Keduanya sekilas memang mirip apalagi secara tampilan fisik (dan saya masih saja nggak habis pikir, kenapa Xiaomi yang sudah mendekati Apple kini harus mengikuti strategi Samsung). Namun, terdapat beberapa perbedaan Xiaomi Redmi 4a dan 4x. Mari kita bedah satu per satu.

 

1 Daya Baterai

Seperti yang sudah dikatakan, Xiaomi Redmi 4x punya daya baterai yang bisa dibilang kelas monster. Meskipun disandingkan dengan “sesamanya”, yaitu Redmi 4a, tetap saja perbedaannya lumayan jauh.

 

Sebagai perbandingan, kapasitas baterai satu unit Xiaomi Redmi 4a adalah 3210 mAh. Sementara itu, saudaranya yang bernama Redmi 4x punya kapasitasi baterai 4100 mAh. Jauh sekali kan, bedanya?

 

Sekedar informasi. Pada perangkat-perangkat keluaran Apple, besarnya kapasitas baterai tidak akan terlalu berpengaruh karena sebagian besar perangkat yang tersemat dalam ponsel-ponsel mereka (terutama prosesornya) punya standardisasi sendiri yang memungkinkan penggunaan energinya menjadi sangat efisien. Ini menyebabkan baterai iPhone dengan kapasitas 2000-an mAh punya daya tahan yang relatif sama dengan baterai ponsel-ponsel Android berkapasitas 3000-an mAh.

 

Namun, sistem tersebut sepertinya belum benar-benar terjadi pada ponsel-ponsel Android. Produsen lebih senang bicara kuantitas daripada kualitas. Semakin banyak jumlah kamera, semakin bagus. Semakin banyak jumlah RAM, semakin bagus. Dan seterusnya.

 

Karena itu, kapasitas baterai Xiaomi Redmi 4x jelas layak dijadikan pertimbangan saat kamu mau beli HP baru.

 

2 RAM

 

Redmi 4a dibekali dengan RAM 2 GB, sementara Redmi 4x punya pilihan RAM 3GB. Bagi sebagian orang yang mempertimbangkan persoalan budget alias dana, Redmi 4a mungkin adalah pilihan yang cukup, apalagi jika kamu hanya menggunakan HP untuk fungsi standar (chat, social media, foto).

 

Tetapi kalau kamu termasuk orang yang malas gonta-ganti HP setiap tahun, Redmi 4x wajib dipilih. Kalau kamu punya HP yang cukup powerful untuk dipakai hingga minimal 3 tahun, ngapain ganti setiap tahun?

 

3 Fitur

Highlight selanjutnya adalah fitur. Perlu diketahui, Redmi 4x memiliki fitur dual apps. Ya, kamu nggak salah dengar. Bukan dual SIM, melainkan dual apps.

 

Dual apps adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk mengakses dua aplikasi yang sama dalam satu ponsel. Dengan demikian, kalau kamu punya online shop, misalnya, fitur ini akan sangat membantumu. Sebab, kamu bisa punya 1 akun WhatsApp untuk kepentingan bisnis dan 1 akun lagi untuk kepentingan pribadi.

 

Masih banyak hal yang bisa dijadikan alasan untuk menobatkan Xiaomi Redmi 4x sebagai HP Xiaomi paling bagus di segmentasi low end saat ini. Namun, fakta-fakta Xiaomi Redmi 4x di atas rasanya sudah lebih dari cukup untuk membuatmu menentukan pilihan. Iya, kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *