Inilah 9 Tips yang Wajib Anda Ketahui Saat akan Membeli Handphone Second

Inilah 9 Tips yang Wajib Anda Ketahui Saat akan Membeli Handphone Second

Membeli handphone baru memang terasa lebih aman. Namun, membeli handphone bekas (second) akan lebih menguntungkan. Memang membeli handphone baru lebih minim resiko meskipun dana yang dikeluarkan lebih banyak. Padahal Anda juga bisa lebih hemat dan untung saat membeli handphone second asal menerapkan tips-tips berikut.

Inilah 9 Tips yang Wajib Anda Ketahui Saat akan Membeli Handphone Second

Periksa Kelengkapan

Pastikan kondisi handphone bekas yang Anda beli lengkap. Artinya handphone tersebut masih memiliki boks, manual, kartu garansi, dan aksesori lainnya. Jangan lupa juga untuk mencocokkan serial number handphone dengan yang tertera pada boksnya. Kelengkapan orisinil tentu akan lebih meyakinkan.

Periksa Bodi dan Tombol Smartphone

Siapapun dapat memeriksa kondisi fisik handphone tanpa memerlukan keahlian khusus asalkan cermat dan teliti. Misalkan Anda menemukan lecet pada penutup casing, Anda masih bisa menggantinya dengan yang baru kecuali pada handphone desain unibody seperti iPhone karena biaya gantinya sangat mahal yakni di atas Rp500 ribu. Jangan lupa Pastikan seluruh tombolnya berfungsi dengan normal.

Periksa kondisi layar

Pastikan layar handphone second mulus tanpa ada goresan. Selain itu periksa layarnya agar tidak mengalami dead pixel dengan memaksimalkan tingkat brightness. Selanjutnya, buka gambar berwarna polos seperti hitam, putih, kuning, biru, hijau, dan merah. Nah, pastikan Anda tidak menemukan titik kecil (dead pixel) yang menampilkan warna berbeda. Terakhir, periksa responsivitas layar dalam menerima sentuhan.

Periksa suara speaker

Pastikan kedua speaker handphone untuk mendengarkan musik dan untuk menelepon dapat mengeluarkan suara dengan jelas dan normal.

Periksa konektivitas

Konektivitas Bluetooth bisa Anda uji dengan cara melakukan pairing atau mengirim gambar. Konekstivitas WiFi bisa diperiksa dengan memakainya untuk masuk ke jaringan WiFi tertentu. Anda juga bisa menggunakan aplikasi Trigger untuk lebih praktisnya.

Periksa port dan slot yang tersedia

Periksa fungsi port charger, jack audio, slot SIM card, dan slot microSD. Hal ini sangat penting dilakukan terutama pada handphone anti air.

Baca juga: Harga Second Iphone 5 di Bukalapak Memang Murah, Namun Ketahui Dulu Plus Minusnya Sebelum Membeli!

Periksa kamera

Pastikan kamera handphone yang hendak Anda beli bisa menampilkan warna dengan normal. Caranya dengan memotret obyek berwarna hitam pekat. Jika hasilnya justru menampilkan warna ungu berarti kamera sudah tidak normal. Jangan lupa periksa fitur autofocus dan lampu flashnya pula.

Periksa Kondisi Baterai

Lakukan pengisian daya untuk memeriksa baterai. Selain itu Anda bisa memeriksa ketahanan baterai dan memastikan baterai tidak bocor dengan membuka aplikasi telepon, ketik *#*#4636#*#* lalu pilih menu Battery info.

Minta Garansi Personal

Jika memungkinkan, garansi personal pada penjual minimal selama tiga hari untuk memastikan seluruh fungsi handphone dapat berjalan normal. Hal ini perlu dilakukan terutama apabila masa garansi dari handphone yang Anda beli sudah habis.

Saat Anda membeli handphone baru biasanya juga berpotensi menemukan masalah terlebih jika membeli handphone second. Oleh karena itu, meskipun sedikit merepotkan, usahakan untuk melakukan pemeriksaan-pemeriksaan diatas. Hal tersebut wajib dilakukan jika Anda ingin puas dan tidak ingin menelan kekecewaan dengan handphone yang dibeli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *