Hp Smartfren Anda Lemot? Coba 6 Cara Ini untuk Mempercepat Kinerjanya!

Tak kalah dengan brand-brand teknologi asing yang selalu menawarkan produknya di dalam negeri, maka Indonesia sendiri sebenarnya juga memiliki beberapa merk gadget lokal yang kualitasnya patut di acungi jempol, salah satu diantaranya adalah hp Smartfren. Namanya tentu sudah tidak begitu asing lagi. Produk yang satu ini hadir dengan membawa ponsel CDMA berjaringan cepat. Harganya juga sangat terjangkau, sehingga banyak konsumen yang kemudian berpindah kesini.

Berbicara mengenai tampilannya sendiri tidak kalah dibandingkan dengan produk luar lainnya, dibalut dengan outer yang berkualitas sehingga tampilannya sangat elegan. Tidak hanya itu, jika melihat dari segi dapur pacunya maka ponsel yang satu ini juga tak kalah bagus, menggunakan jeroan handal untuk mendukung kinerja tingkat tingginya. Hanya saja tidak memungkiri jika seandainya banyak diantara konsumen yang merasa penggunaannya untuk waktu lama menyebabkan kinerjanya lemot.

Hal ini sebenarnya bukan hanya terjadi pada hp Smartfren saja, melainkan juga ponsel-ponsel lain, ketika sudah dipakai terlalu lama memang sering kali membuatnya jadi lemot, namun jangan khawatir ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, diantaranya adalah:

  1. Update firmware, sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk memperbaiki beberapa kerusakan dari bug, lag dan beberapa masalah yang lainnya, aplikasi yang satu ini bisa didownload secara mudah langsung lewat Google Playstore dan bisa langsung pakai.
  2. Me-reset smartphone, cara lainnya yang dapat digunakan adalah dengan reset ulang, khusus untuk hal yang satu ini memang bisa meningkatkan kinerjanya lagi, namun juga hanya berlangsung sementara saja, nantinya kualitas dari smartphone akan kembali ke awal sebelum dilakukan reset, jadi reset memang dianjurkan dilakukan berkala atau teratur.
  3. Mengosongkan memory internal, suka download lagu, ambil gambar dan yang lainnya, semuanya akan masuk ke bagian memory internal, jika memory ini terlalu penuh secara otomatis menyebabkan kinerja dari perangkat Anda juga lemot. Cara untuk mengatasinya mudah, yaitu mengosongkan memory internal dengan cara memindahkannya ke komputer atau menghapusnya.
  4. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan, banyak aplikasi di dalam ponsel namun tidak semuanya digunakan, tentunya akan membuat penuh memory Anda, cara paling mudah adalah dengan menghapus atau uninstall aplikasi tersebut, sehingga akan ada lebih banyak ruang kosong di dalamnya.
  5. Matikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang, karena sering kali Anda tidak mengeluarkannya, melainkan cukup dengan minimize saja, hal ini membuat ponsel harus kerja multitasking sehingga kian lemot.
  6. Hapus cache, jangan lupa untuk mengosongkan bagian sampah, khususnya adalah sampah dari aplikasi yang sering digunakan atau yang dikenal sebagai cache.

Dengan 6 cara tersebut nantinya hp Smartfren Anda akan berjalan lebih cepat atau responsif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *