Deretan Smartphone Gagal yang Pernah Dibuat

Tidak semua ponsel yang diproduksi oleh produsen berhasil di pasaran. Smartphone yang dihasilkan dan kemudian dijual di pasaran tersebut bisa kalah saing, fitur yang kurang mumpuni ataupun karena adanya malfungsi yang menyebabkan penggunanya celaka misalnya baterai yang meledak. Berikut ini adalah deretan dari smartphone gagal yang pernah ada di pasaran dan beberapa diantaranya harus ditarik kembali.

Pertama adalah Huawei M835 dengan kegagalan yang ada di bagian pemasaran atau marketingnya. Smartphone dengan sasaran pasar menengah ke bawah ini memiliki performa yang kurang bagus bahkan cenderung lambat dibandingkan dengan smartphone lainnya yang diluncurkan bersamaan dengan ponsel ini. Karena memberikan kesan yang buruk untuk konsumen serta kesalahan pemasaran, membuat ponsel ini menjadi salah satu ponsel pintar yang gagal.

Kedua adalah T-Mobile G2. Produk dari HTC ini bisa dibilang gagal karena kesalahan pemasaran. Hal tersebut disebabkan vendor yang memasarkan ponsel ini yaitu T Mobile menjual produk yang lainnya yang dilengkapi dengan jaringan 4G sehingga ponsel G2 ini kalah saing dan seperti tidak dipasarkan secara maksimal. Ketiga adalah Palm Pre dari WebOS. Smartphone ini memiliki bentuk yang bundar dan menggunakan keyboard fisik. Alasan mengapa ponsel-ponsel ini masuk sebagai smartphone gagal adalah karena pengembang yang lambat untuk bisa beradaptasi sehingga kalah daya saing.

Kelima adalah Dell Streak. Kegagalan ponsel pintar ini tidak sepenuhnya disebabkan karena fitur dari ponsel tersebut namun karena waktu peluncuran yang tidak tepat. Dell Streak diluncurkan pada saat stigma masyarakat mengenai smartphone layar lebar tidak efektif sehingga ponsel tersebut tidak banyak yang meliriknya. Keenam adalah Microsoft Kin. Mungkin Microsoft sukses untuk komputer namun smartphone ini dinilai tidak sesuai dengan anak muda yang disebabkan karena ponsel pintar ini berisi mengenai aplikasi office yang tidak menyenangkan untuk dipergunakan. Sehingga hanya dalam kurun waktu 6 minggu saja, ponsel ini sudah dinyatakan gagal di pasaran.

Smartphone gagal lainnya yang pernah ada yaitu:

  • Garminfone dari perusahaan GPS, Garmin. Ponsel ini kurang diminati karena saat ponsel ini diluncurkan, GPS masih jarang dipergunakan dan dimiliki oleh ponsel pintar walaupun saat ini GPS menjadi fitur wajib di smartphone.
  • Google Nexus One. Ponsel android keluaran dari Google ini gagal disebabkan karena ponsel ini tidak memiliki spesifikasi yang mampu untuk bersaing dengan ponsel yang lainnya serta kurang didukung service center yang memadahi yang bisa membantu untuk mengatasi masalah jika terjadi kerusakan pada ponsel tersebut.
  • Galaxy Note 7. Ponsel pintar dari vendor Samsung ini awalnya menjadi salah satu ponsel pintar yang paling ditunggu. Namun, banyaknya strategi misalnya baterai yang meledak menyebabkan banyak negara melarang smartphone ini masuk ke negara tersebut. sehingga mau tidak mau, Samsung harus menarik Galaxy Note 7 dari pasaran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *