Cara Simple Mendapatkan Efek Bokeh dengan Samsung Galaxy J7!

Sampai pada saat ini, harga Samsung J7 Duo telah turun hingga kisaran 2,1 juta rupiah, dari kisaran 3 juta rupiah , ketika pertama kali dirilis.

Secara umum, baik dari tampilan dan performa memang tidak ada yang telalu menonjol pada seri Samsung Galaxy J7 duo ini. Layar masih menggunakan rasio 16:9 dengan 3 tombol navigasi (back, home, recent) berada di luar layar.

 

Tombol power berada pada sebelah kanan dan tombol volume pada sebelah kiri ponsel. Slot memori dan kartu SIM ditaruh pada bagian belakang ponsel, dengan terlebih dahulu membuka casing belakang ponsel yang terbuat dari polycarbonate.

 

Ponsel ini hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu black, gold, dan blue. Meski baru diproduksi, namun  tampilan ponsel ini tidak jauh berbeda dengan seri Galaxy pada umumnya. Desain tersebut mungkin dimaksudkan agar seri Galaxy mempunyai ciri khas, model klasik “ala Samsung”.

 

Spesifikasi dan performa ponsel pun secara umum tidak terdapat hal yang menonjol. Ponsel ini menggunakan SoC terbaru yaitu Exynoss 7885, yang membuat performa ponsel cukup cepat. Kecepatan SoC tersebut telah teruji pada Galaxy A8 yang tidak lemot.

 

Kapasitas RAM Samsung Galaxy J7 Duo sebesar 3GB dan memori internal sebesar 32GB. Hal tersebut termasuk standar pada kelas ponsel pintar.

 

Keistimewaan ponsel ini terletak pada kamera. Seperti yang dilansir dalam laman beberapa pengulas ponsel Samsung Galaxy J7 Duo ini memiliki kamera utama dan selfie yang bagus, bahkan bisa menghasilkan efek bokeh yang memuaskan.

 

Kamera utama Samsung Galaxy J7 Duo memang hanya sebesar 13MP, namun keunikannya adalah pada seri ini terdapat kamera sekunder sebesar 5MP, yang berfungsi untuk menciptakan depth of field atau efek fokus yang mendalam, sehingga mampu menghasilkan efek bokeh yang bagus.

 

Selain itu, terdapatnya kamera sekunder memungkinkan kamera untuk fokus pada suatu objek lebih cepat, hingga refocus dengan ketajaman yang memuaskan. Detil yang dihasilkan pun sangat baik, hingga cocok bagi milenial petualang yang menginginkan kepraktisan mengambil foto dalam satu gawai saja.

 

Apeture kamera pada ponsel Samsung Galaxy J7 Duo ini F/1.9, baik pada kamera depan (selfie camera) maupun kamera belakang. Kamera depan sensor kamera hanya sebesar 8MP. Catatan penting jika ingin memakai kamera pada ponsel ini adalah ketiadaan stabilizer sehingga pengguna perlu membeli penyanggah agar mampu mendapat hasil foto yang diinginkan.

 

Lalu, bagaimanakah cara mendapatkan efek bokeh dengan ponsel Samsung Galaxy J7 Duo?

 

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengarahkan kamera pada objek yang diinginkan. Pada beberapa tulisan dipaparkan bahwa umumnya untuk mendapat hasil bokeh perlu jarak 1 atau paling jauh 2 meter dari objek yang ingin diambil gambarnya.

 

Namun, hal tersebut tidak perlu dilakukan jika memakai Samsung Galaxy J7 Duo ini. Efek bokeh dapat didapatkan meski dari jarak dekat. Hal tersebut berguna jika pengguna ingin mengambil gambar makanan ketika sedang melakukan wisata kuliner atau mengambil gambar cendera mata ketika sedang traveling.

 

Kemampun menghasilkan efek bokeh merupakan hasil kemampuan software, bukan karena pengaturan lensa seperti yang kerap dilakukan pada kamera DSLR atau kamera mirrorless. Oleh sebab itu, terkadang hasil foto tidak maksimal, karena latar gambar tidak sepenuhya blur.

 

Mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan memilih latar yang cenderung lebih polos agar sistem operasi kamera dapat dengan mudah menentukan fokus gambar.

 

Selain itu, agar mendapat hasil yang memuaskan, penting untuk melatih agar mata terbiasa melihat komposisi dan kesejajaran dalam gambar, agar terhindar dari hasil foto yang miring. Terakhir, jangan lupa untuk menenangkan diri dan fokus agar gambar stabil.

 

Efek foto bokeh merupakan efek yang bagus dan “intagramable” atau layak dan keren untuk dipajang di Instagram. Oleh sebab itu, dengan Samsung Galaxy J7 Duo tidak perlu kamera mahal dan profesional untuk dapat menghasilkan efek tersebut. Perbanyak latihan dan selamat berkreasi!

 

Sumber gambar: proxy.duckduckgo.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *