Cara Membaca Keterangan Pada Charger HP

Cara Membaca Keterangan Pada Charger HP

Memilih charger untuk  hp yang kualitasnya bagus dan dapat melakukan pengisian ulang secara cepat adalah hal yang sangat penting. Karena kebanyakan dari pengguna smartphone tidak bisa memilih charger yang berkualitas dan cepat pengisian dayanya. Apalagi saat ini banyak sekali merk merk charger hp yang beredar.

Cara Membaca Keterangan Pada Charger HP

Untuk mencari jenis charger yang berkualitas tidaklah mudah. Sering kali kita sudah terlanjur membeli charger namun kenyataannya charger baru tersebut tidak dapat digunakan secara maksimal karena pengisian daya yang sangat lama. Oleh karena itu, teliti dengan baik sebelum anda membeli charger tersebut.

Meskipun begitu, charger yang bagus belum tentu cocok dengan perangkat anda. Contohnya saja, ketika anda memilih jenis Quick Charger kemudian perangkat anda belum mendukung fitur ini, tentu akan membuat pengisian daya semakin lambat. Jadi, bagaimana cara memilih jenis charger HP yang memiliki kualitas bagus?

Jika anda mau membeli charger baru, amati dulu bagaimana cara kerja serta standard charger di Indonesia. Fungsi charger secara khusus ialah menurunkan serta merubah arus listrik yang berasal dari PLN.

Charger yang bagus di Indonesia punya standard voltase 220V. Jadi, yang paling utama untuk charger berkualitas bagus adalah memiliki standard voltase 220V. Pada charger biasanya ada keterangan Input dan output dari arus listrik yang dapat dilakukan jenis charger tersebut. Untuk memilih jenis charger hp terbaik, perhatikan acuan dan keterangan yang ditulis pada charger tersebut.

Membaca Keterangan Charger Handphone

  • Input:100-240V~50/60Hz

Keterangan tersebut berarti jika charger hp ini mampu melakukan charger pada arus listrik mulai dari 100V hingga 240V. Disebabkan di negara kita memiliki standard 220V, maka charger ini dapat digunakan dengan catatak tak boleh melebihi angka 240V bila ternyata melebihi, bisa membuat charger tersebut rusak.

Sementara frekwensinya memperlihatkan antara 50 hingga 60Hz (Hertz). Itu artinya charger ini dapat dipakai pada frekwensi antara 50Hz HINGGA 60Hz. Untuk standard frekwensi dari PLN ialah 50Hz, sehingga charger ini sudah memenuhi standard.

  • Output: 5V-2000mA/maH ( miliampere Hour )

Melihat keterangan tersebut, maka dapat menyimpulkan voltase yang dirubah oleh charger. Dari Input 220V menjadi 5V kemudian arusnya menjadi 2000mA.

Baca juga artikel menarik lainnya di carihandphone.com

Setelah tahu spesifikasi pada charger, untuk mencari tahu tentang kecocokan charger dengan hp ialah dengan melihat spesifikasi baterai pada handphone anda. Pada ponsel umumnya ditulis 3,7V artinya adalah minimum voltase nya ke perangkat hp tersebut. Agar dapat mengisi daya baterai serta kapasitas ampere ponsel yang ditandai misalnya 2600mA.

Sehingga jika ponsel anda baterainya berkapasitas 3,7V-2600mAh. Lalu menggunakan jenis charger 5V-2000mAh jauh lebih cepat proses pengisiannya daripada jenis charger 5V-1000mAh. Nah, dari situlah peran dari ampere (mA) untuk menentukan kecepatan proses isi ulang baterai.

Itulah penjelasan tentang cara membaca keterangan pada charger hp. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *