Alasan Kenapa Harga Hp iPhone Mahal

Tak bisa dipungkiri bahwa harga produk-produk yang dikeluarkan Apple selalu lebih mahal, termasuk juga harga hp iPhone. Dibandingkan produk smartphone lainnya, harga iPhone memang jauh lebih mahal.

Pastinya banyak yang bertanya-tanya kenapa harga hp iPhone begitu mahal? Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah alasan lengkapnya:

Sengaja Dibuat Mahal

Produk Apple memang memiliki tampilan premium dengan bahan metal. Dengan adanya alasan ini, iPhone memang sengaja dibuat mahal dari sisi bahan dan tampilan. Bahan pembuatan iPhone ini tentunya berbeda dengan jenis ponsel pintar lainnya yang hanya dibalut dengan bahan plastik. Apple memang berani memberikan kualitas yang tinggi dari sisi case dan teknologi pada iPhone sehingga banyak orang berani bayar mahal untuk itu.

Kualitas

Kualitas iPhone pun lebih tinggi dibandingkan smartphone lainnya, hal ini pula yang membuat Apple berani menjual iPhone dengan harga yang mahal. Apalagi Apple pun menggunakan operating sistem yang dibuat oleh perusahaan Apple sendiri yaitu iOS yang memang hanya ada di iPhone.

Margin Keuntungan yang Lebih Besar

Dengan beragam fitur yang canggih dan eksklusif, serta kualitas yang mumpuni, maka Apple berani mengambil keuntungan yang besar saat menjual produk mereka, bahkan hingga 25%-40%.

Fluktuasi Nilai Rupiah dan Pajak

Selain adanya faktor internal dari produsen iPhone, mahalnya harga produk iPhone juga disebabkan adanya pengaruh faktor eksternal karena adanya fluktuasi nilai rupiah sehingga membuat harga iPhone pun menjadi mahal. Hal ini belum ditambah adanya pajak serta bea cukai yang harus dibayar oleh pembeli produk di Indonesia. Maka tak jarang, banyak orang yang lebih memilih membeli iPhone ketika pergi ke luar negeri karena harganya lebih murah. Namun, tak sedikit yang tetap memilih membeli di Indonesia dengan alasan garansi dan asuransi.

Memiliki Pembeli Loyal.

Tak dapat dipungkiri jika produk-produk Apple mempunyai pembeli setia atau loyal, termasuk juga para pembeli iPhone. Meski dijual dengan harga yang mahal, namun, para penggemar iPhone tetap tak segan-segan membeli produk iPhone tersebut.

Hal ini memag bisa dimaklumi, ketika seseorang sudah menjadi penggemar sejati suatu produk atau merk maka rela mengeluarkan uang sebanyak apapun agar menjadi orang pertama yang memiliki produk tersebut. Tak hanya itu, produk iPhone juga meningkatkan gengsi penggunanya, bagi yang menggunakan iPhone terhitung sebagai orang dari kalangan atas, maka tak heran banyak orang yang tetap membeli iPhone meski harganya mahal.

Dari alasan-alasan di atas, maka tak heran jika Apple berani membanderol mahal harga hp iPhone. Apple pun kini menjadi salah satu perusahaan paling kaya yang ada di dunia, dimana aset dan tabungan yang dimiliki jumlahnya lebih banyak dua kali lipat dibandingkan cadangan devisa negara Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *