7 Cara Merawat Headset agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

7 Cara Merawat Headset agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

Selain fungsi utamanya sebagai alat untuk mengurangi noise ketika Anda mendengarkan suara, headset juga dijadikan sebagai pelengkap gaya Anda. Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai penyelamat saat mati gaya di tengah kerumunan orang yang tidak Anda kenal. Beberapa kegunaan yang ditawarkan alat elektronik tersebut membuatnya sering digunakan setiap hari. Nah, penggunaan setiap hari akan meningkatkan kemungkinan cepat rusak jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Untuk meminimalisir hal tersebut, simak cara merawatnya berikut agar tetap awet.

7 Cara Merawat Headset agar Tidak Mudah Rusak dan Awet

 

  • Gulung kabel dengan teknik yang tepat

Menggulung kabel dengan teknik yang tepat akan meminimalisir kerusakan dini. Anda bisa menggulungnya dengan bantuan ibu jari dan jari kelingking sehingga kabel terbentuk menjadi angka delapan. Agar gulungan tersebut tidak berantakan dan kusut simpanlah di area khusus. Mengingat kabel yang kusut akan mudah putus.

 

  • Hindari volume maksimal

Selain membahayakan gendang telinga Anda karena berpotensi membuatnya tidak sensitif hingga pecah, volume maksimal juga bisa merusak komponennya. Dampaknya ialah suara yang keluar pecah dan tidak nyaman didengarkan.

 

  • Jangan terlalu jauh dari sumber suara

Jika Anda mendengarkan menggunakan headset maka jangan terlalu jauh dari sumber suara. Karena hal tersebut berpotensi membuat kabel sering tertarik. Selain itu, kabel akan mudah putus karena kusut.

 

  • Pilih headset colokan L

Saat hendak membelinya jangan hanya mempertimbangkan merek, spesifikasi terlebih harganya yang murah. Lebih dari itu, pilihlah tipe yang relatif awet. Dibandingkan ujung colokan lurus, Headset dengan ujung colokan berbentuk L dianggap lebih awet karena ujung colokan L tidak mudah lepas.

 

  • Jauhkan dari cairan atau air

Perangkat elektronik apapun pasti kontra dengan air atau cairan. Hal tersebut disebabkan oleh Komponen listrik yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menjauhkan agar tidak terkena cairan atau air yang bisa menyebabkan korsleting. Selain itu, sebelum Anda memakainya juga pastikan dalam keadaan kering guna memastikan perangkat tetap kering dan optimal dipakai, gunakan penyerap kelembapan di area penyimpanannya.

Baca juga: 4 Tips Dаӏаm Memilih Headset

 

  • Rajin membersihkannya dari kotoran dan debu

Tak hanya air, jagalah headset dari serangan kotoran dan debu dengan rajin membersihkannya. Anda bisa memanfaatkan cotton bud yang biasa digunakan pada telinga untuk membersihkannya. Dikarenakan bukan tipe perangkat yang tahan air, kotoran, dan debu, ini berarti Anda juga harus memastikan bahwa perangkat ini bebas dari make up yang mungkin menempel dari wajah Anda.

 

  • Jangan melempar atau menjatuhkannya

Jangan meletakkan sesuka hati seperti dengan melempar atau menjatuhkannya. Jangan beralasan bahwa Anda tidak terlalu tinggi menjatuhkannya, karena benturan yang dialami headset tetap berpotensi melepaskan komponen-komponen kecil yang ada di dalamnya. Akibatnya, terjadi penurunan kualitas penggunaan dan lebih cepat rusak .

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *