6 Hal Tentang Charger Smartphone yang Sebenarnya Salah tapi Masih Sering Dilakukan

Salah satu benda penting dalam sebuah smartphone adalah baterai. Terkadang, sebelum membeli sebuah smartphone orang akan bertanya dulu tentang daya tahan baterai. Tapi, sangat disayangkan info mengenai baterai cenderung salah kaprah dan tidak jelas. Bahkan, ada yang sampai men-charger smartphone dari malam hingga pagi karena informasi yang didapatnya salah.

6 Hal Tentang Charger Smartphone yang Sebenarnya Salah tapi Masih Sering Dilakukan

Faktanya melakukan charger smartphone selama itu bisa menimbulkan masalah pada smartphone Anda. Bila Anda tidak ingin salah lagi, berikut ada sedikit info yang harus Anda tahu tentang baterai smartphone.

 

  • Baterai Harus dalam Keadaan Penuh ketika akan Digunakan

Banyak orang yang keliru akan hal yang satu ini, baterai smartphone akan bekerja secara optimal diangka 40 sampai 80%. Tapi, sebagian besar orang termasuk Anda mungkin, akan men-charger smartphone hingga 100% penuh padahal faktanya itu tidak akan membawa pengaruh apapun pada smartphone Anda.

 

  • Baterai akan Cepat Habis saat Dipakai Internetan

Untuk yang satu ini tidak terlalu salah, tapi tergantung pada jenis konten yang diakses. Bila Anda menonton youtube atau bermain game online atau game 3D beda lagi ceritanya. Kegiatan tadi bisa lebih cepat menguras baterai smartphone Anda.

 

  • Jangan Menggunakan Smartphone saat Sedang Di Charge

Baterai akan tetap terisi penuh baik digunakan atau tidak. Selain itu, smartphone juga terkadang otomatis mengaktifkan diri sendiri saat di charger seperti saat mensinkronasi data atau ada update aplikasi lewat Wi-Fi. Masalahnya mungkin smartphone Anda akan terasa panas, tapi hal ini hanya terjadi pada beberapa jenis smartphone saja.

 

  • Men-Charger Smartphone dengan Charger Bawaan

Ada yang mengatakan ketika men-charger smartphone harus menggunakan charger bawaan. Menggunakan charger lain selain charger bawaan akan berdampak buruk pada baterai smartphone. Padahal ini salah. Charger USB bisa digunakan untuk mengisi baterai smartphone, hanya saja kinerjanya tidak sama. Charger bawaan biasanya mempunyai keuntungan tersendiri seperti kemampuan fast charging.

 

  • Dengan Mematikan Smartphone akan Merusak Baterai

Baterai smartphone Anda tidak akan rusak bila perangkat dimatikan. Hanya saja, kapasitas baterai akan berkurang saat perangkat dimatikan tapi itu merupakan hal yang normal terjadi. Anda tidak perlu khawatir bila mematikan smartphone Anda. Tidak ada salahnya untuk sejenak mengistirahatkan smartphone Anda, bahkan dengan melakukan proses reboot masalah yang terjadi pada smartphone bisa selesai.

Baca juga artikel menarik lainnya di carihanphone.com

 

  • Meletakkan Baterai di dalam Freezer atau Menjemur Baterai akan Memperpanjang Dayanya

 

Pernah dengar hal seperti ini? Dan Anda mencobanya? Bila iya, Anda salah. Entah dari mana informasi ini didapat, tapi dengan menaruh baterai dalam freezer atau menjemurnya di bawah sinar matahari tidak lantas membuat baterai smartphone Anda awet. Justru akan mengalami kerusakan karena baterai terlalu dingin dan panas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *